Tuesday, May 23, 2023

Panther 2.5 Keluar oli dari selang pernfasan mesin

 


Bermuala dari keinginan membersihkan selang besar yang menuju ke filter udara dan setelah dilepas ternyata ada bercak oli dan didalamnya. Ternyata oli berasal dari selang hawa mesin atau pernapasan mesin yang pada panther 2.5 dimasukan kembali ke dalam intake manipol sedangkan pada panther 2.3 dibuang ke udara bebas. Hal ini mungkin untuk mengurangi tingkat polusi udara karena udara yang keluar dari selang pernapasan mesin mengandun gas Carbon dari siswa pembakaran.

Mungkin hal ini bisa diatasi dengan memperbaiki bagian didalam mesin namun tentunya membutuhkan waktu dan biaya yang mahal padahal mesin masih bertenaga. Cara solusi yang mudah dan murah adalah dengan memasang Oil Catch Tank (OCT) pada selang hawa mesin sebelum masuk ke intake manipol.

OCT jenis ini banyak dijual online dengan harga seratus ribuan saja. Setelah saya coba tiup ternyata tidak plong atau udara yan melewati OCT tidak bebas keluar masuk namun seperti tertahan di dalam OCT. Untuk mencegah mampet atau tidak lancarnya pembuangan hawa panas mesin maka filter di dalam OCT perlu diberikan lubang tambahan dengan cara di bor dengan mata bor 3mm saja. Seperti pada gambar OCT dibawah ini.

 Setelah pemakaian 500 km sudah mulai banyak oli yang masuk ke tabun OCT dan semakin kita sering menggunakan RPM tinggi maka oli yang masuk ke OCT juga semakin banyak. Tinggal secara rutin lepas tabung OCT untuk membuang olinya dan intake manipolpun jadi bersih dari oli yang dapat mengganggu proses pembakaran.



No comments:

Post a Comment

Camping Ceria di BONCAHE

 BONCAHE adalah singkatan dari Kebon Cemara Hejo, yang berlokasi di daerah Ciapus, Bogor dan kami camping disana pada  tanggal 15-16 Septebe...