Tuesday, May 23, 2023

Membuat Isuzu Panther LV jadi lebih Gagah

 



Melihat tampilan Panther touring yang gagah pasti membuat kita iri ingin memiliki mobil yang gagah juga. Berhubung ganya punya panther LV 2002 maka harus berkorban dana untuk mengubah tampilan jadi lebih gagah. Setelah ada dana langsung cari velg ukuran R15 punya panther LS untuk menggantikan velg bawaan yang hanya R14. Akhirnya dapat juga velg original panther LS di sebuah toko ban di dekat bandara Pondok Cabe, Tangerang Selatan meskipun sudah tidak ada dop nya. 

Setelah dapat velg lansung menuju toko ban di daerah Cirendeu dan dapatlah ban Bridgstone AT 235/70/R15.  Keesokan harinya membawa velg dan ban ke bengkel kaki-kaki yang sudah langganan di daerah Pondok Cabe. Pekerjaan pun selesai setelah sekitar setengah hari karena mereka perlu press per daun dan mengganti shokbreaker belakang.

Setelah coba dibawa pulang ternyata bantingan keras banget beda banget dengan sebelumnya yang lembut saat lewat jalan berlubang dan polisi tidur. Akhirnya besoknya dibawa lagi ke bengkel supaya diakalin biar bantingan enak lagi. Akhirnya masalah bantingan keras dapat terselesaikan dengan cara :

1. Kaki-kaki depan pada bagian Balljoin atas dipasang spacer atau adaptor. Shokbreakernya masih dengan ukuran standarnya. Dengan adanya adaptor balljoint maka tidak perlu terlalu banyak putar baut torsi yang bisa bikin bantingan keras.

 

2. Kaki-kaki belakang per daun paling atas diganti punya Toyota Hilux yang lebih panjang sehingga lebih lentur dan shokbreakernya diganti dengan yang lebih panjang memakai shokbreaker Toyota Hardtop.

Alhamdulillah keinginan membuat panter LV jadi lebih gagah terlaksana dengan tidak mengurangi kenyamanan.

No comments:

Post a Comment

Camping Ceria di BONCAHE

 BONCAHE adalah singkatan dari Kebon Cemara Hejo, yang berlokasi di daerah Ciapus, Bogor dan kami camping disana pada  tanggal 15-16 Septebe...