Wednesday, June 21, 2023

Tips Memutar baut torsi Isuzu Panther

 Untuk menaikan body panther bagian depan salah satu caranya adalah dengan memutar baut torsi dengan catatan tidak boleh terlalu banyak karena bisa membuat bantingan jadi keras sehingga tidak nyaman lagi dikendarai. Apabila akan menggunakan ban yang besar maka disarankan menaikan body dengan cara : 

  1. Body Lift (BL) dengan cara mengganti karet body mounting dengan yang ukurannya lebih panjang. Dengan cara ini maka tidak diperlukan perubahan pada kaki-kaki.
  2. Mengganti kaki-kaki dengan ukuran yan lebih tinggi dan lebih panjang. Untuk kaki depan bisa dengan memasang adaptor bolljoint atas dan sedikit memutar baut torsi. Sedangkan kaki belakang bisa dengan mengganti per paling atas dengan per hilux serta shoknya yang panjang 60 cm.

Untuk memutar baut torsi ada teknik khusus agar supaya mutarnya ringan dan tidak merusak drat dari baut torsi tersebut. Jika caranya salah bisa berakibat drat baut torsi rusak bahkan baut bisa patah.


 Perhatikan bentuk batan torsi di atas disitu terlihat ada baut besar ukuran kunci 22. Letakan kepala dongkrak di samping baut torsi seperti tanda panah, kemudian dongkrak mobil sampai terangkat ke atas. Kemudian coba putar buat torsi tersebut dengan kuci 22, jika ingin menaikan body putar ke kanan dan jika ingin menurunkan body maka putar ke kiri atau berlawanan jarum jam. Memutarnya tidak perlu terlalu banyak karena satu kali putaran saja sudah berubah ketinggian bodynya. 

 



No comments:

Post a Comment

Camping Ceria di BONCAHE

 BONCAHE adalah singkatan dari Kebon Cemara Hejo, yang berlokasi di daerah Ciapus, Bogor dan kami camping disana pada  tanggal 15-16 Septebe...